Sabtu, 29 September 2012

Berpetualang


A.      Arti Berpetualang
Berpetualang adalah kata yang sering kita dengar di dalam kehidupan kita, tapi apakah arti berpetualang yang sebenarnya? Jadi sebenarnya arti berpetualang adalah :
1.                  Sesuatu pengalaman yang menarik
2.                  Suatu perbuatan yang berani dan beresiko
3.                  Perjalanan yang menantang
4.                  Sesuatu yang tidak biasa
5.                  Sesuatu yang berbahaya
6.                  Sesuatu yang hebat
7.                  Sesuatu yang mengejutkan dan diluar perkiraan
8.                  Perubahan dalam kehidupan atau suatu hal baru yang tidak terjadi setiap hari
Berpetualang merupakan suatu kegiatan travelling yang tujuannya adalah mencari tantangan. Bertualang lebih mengedepankan uji fisik dan mental, kecerdasan dalam berpikir dan kecepatan mengambil keputusan. Atau secara teoritisnya menguji diri sendiri dalam bentuk perjalanan yang menempuh resiko (tidak semua orang sanggup). Aktifitas berpetualang lebih di akui jika memiliki suatu bukti baik dokumentasi atau sesuatu yan gbisa membuktikan kalau kita telah melakukan petualangan tersebut. Misalnya saja sewaktu saya berpetualang ke Loksado, atau ke Kahung dan Puliin, paling tidak saya menyempatkan diri mengambil foto pemandangan.
Berbeda dengan berkelana.yang biasanya bertujuan untung menambah atau menyempurnakan ilmu atau pengalaman. Di dalam berkelana bisa dikatakan tidak memiliki batas kepuasan , karena dalam berkelana setiap tempat yang didatangi akan memberi tambahan pengalaman dan pelajaran baru. Meski tempat yang didatangi sudah pernah sebelumnya. Ini berbeda sekali dengan berpetualang, dimana para petualang bisanya tidak cukup puas jika tempat tujuan berpetualang sudah pernah ia jelajahi sebelumnya. Selain itu berkelana tidak memerlukan bukti nyata, sebab lebih kepada tujuan yang ingin di capai, bukan untuk di koar-koarkan

B.       Manfaat berpetualang
Berpetualang banyak manfaatnya, selain memacu adrenalin anda, di bawah ini adalah hal lain yang bisa anda rasakan seketika pada saat anda berpetualang:
1.        Kegembiraan
Berpetualang membuat hati gembira, lepas dari segala rutinitas yang menjenuhkan dan mendapatkan suasana yang benar-benar baru. Suasana hati rasanya bebas dan plong.
2.        Meningkatkan kepercayaan diri
Setiap orang yang melakukan petualangan akan merasa telah meraih suatu prestasi, karena kegiatan petualangan (adventure) umumnya adalah kegiatan beresiko tinggi yang mungkin saja berakibat fatal bagi nyawa seseorang. Keberhasilan melalui tantangan tersebut membuat seseorang merasa berprestasi, dan kepercayaan dirinya meningkat.
3.        Motivasi
Motivasi untuk tampil lebih baik dalam hidup diperoleh dari perasaan berprestasi. Seseorang yang belum mampu mencapai sesuatu biasanya akan berkecil hati dan juga kehilangan motivasi. Hal ini tidak akan terjadi pada seorang petualang, karena ia telah terbiasa menghadapi tantangan di alam, mengatasi rasa takut dan melewati berbagai tantangan di alam, sehingga seberat apapun tantangan dalam kehidupannya sehari-hari dapat ia lalui dengan tetap bersemangat. 
4.        Mampu menghadapi kehidupan dengan lebih baik
Seorang petualang sejati akan mampu menghadapi hidup dengan cara yang positif.  Mereka selalu termotivasi dan yakin bahwa ia dapat mencapai tujuan hidupnya. Mungkin, ini adalah manfaat terbaik yang dapat diraih dari kegiatan petualangan. 
5.        Memperoleh tubuh yang sehat
Ada juga banyak manfaat kesehatan yang dapat diraih dengan petualangan. Selain kebugaran tubuh, Anda juga dapat terhindar dari stres dan penyakit lain yang diakibatkan oleh stres itu sendiri. Banyak orang yang beralih dari olah raga di lapangan biasa ke olah raga alam bebas karena mereka telah merasakan manfaat dari olah raga di alam bebas. 
6.        Meningkatkan rasa syukur
Kegiatan petualangan membuat hidup kita menjadi selaras dengan alam. Kita dapat melihat langsung dan merasakan kebesaran Tuhan, yang akhirnya akan membuat kita sadar, betapa kecilnya kita sebagai manusia. Kesadaran ini membuat kita  menjadi menjadi hambaNya yang selalu bersyukur.

C.      Tujuan Berpetualang

Berpetualang merupakan suatu kegiatan travelling yang tujuannya adalah mencari tantangan. Bertualang lebih mengedepankan uji fisik dan mental, kecerdasan dalam berpikir dan kecepatan mengambil keputusan. Atau secara teoritisnya menguji diri sendiri dalam bentuk perjalanan yang menempuh resiko (tidak semua orang sanggup). Aktifitas berpetualang lebih di akui jika memiliki suatu bukti baik dokumentasi atau sesuatu yang bisa membuktikan kalau kita telah melakukan petualangan tersebut. Berbeda dengan berkelana yang biasanya bertujuan untuk menambah atau menyempurnakan ilmu atau pengalaman. Di dalam berkelana bisa dikatakan tidak memiliki batas kepuasan , karena dalam berkelana setiap tempat yang didatangi akan memberi tambahan pengalaman dan pelajaran baru. Meski tempat yang didatangi sudah pernah sebelumnya. Ini berbeda sekali dengan berpetualang, dimana para petualang bisanya tidak cukup puas jika tempat tujuan berpetualang sudah pernah ia jelajahi sebelumnya. Selain itu berkelana tidak memerlukan bukti nyata, sebab lebih kepada tujuan yang ingin di capai, bukan untuk di koar-koarkan


D.      Peralatan yang perlu disiapkan sebelum melakukan petualangan

Berpetualangnya macam-macam jenisnya, bisa pendakian, arung jeram, penelitian,panjat tebing maupun penjelajahan. Kita membutuhkan banyak sekali perlengkapan yang menunjang kita dalam berpetualang. Berikut adalah perlengkapan pribadi yang diperlukan untuk berpetualang:

a.         Sepatu dan kaos kaki
Sepatu sangat penting untuk melindungi kaki dari gigitan hewan seperti ular atau pacet maupun duri. Badan sepatu harus terbuat daribahan yang yang kuat, lebih baik dari bahan kulit supaya dapat menjaga pernapasan kulit kaki.Sol sepatu juga harus agak tebal dan kuat, tetapi cukup lentur untuk berjalan. Jangan memakai plastik di antara kaos kaki dan sepatu karena dapat menghambat pernapasan kulit kaki, sehingga menimbulkan kaki berbau tidak sedap.Kaos kaki sebaiknya terbuat dari wol atau sintetis dengan ketebalan yang cukup. Hindari penggunaan bahan katun karena kurang baik sebagai penghantar panas tubuh. Bawalah kaos kaki lebih dari satu sebagai cadangan.

b.        Pakaian
Syarat pakaian untuk berpetualang diantaranya adalah sesuai dengan keadaan cuaca, tahan lama, nyaman, cepat kering serta melindungi tubuh dari berbagai kondisi lingkungan. Yaitu pakaian yang terbuat dari poliester dan polipropilena bukan katun. Selain itu diperlukan juga pakaian yang menyerap keringat, baju berlengan panjang, celana panjang dan topi untuk menghindari ranting kecil atau getah pohon berbahaya. Celana yang dipakai harus kuat dan lentur, cepat kering dan tahan lama. Lebih baik lagi celana memiliki banyak saku. Celana jins sangat tidak diperbolehkan karena sifatnya susah kering, berat dan bukan penghantar panas yang baik.

c.         Ransel
Ransel yang baik mempunyai beberapa kriteria yaitu kokoh, bahannya kuat, tahan air dan mempunyai sabuk pinggang untuk mengurangi goyangan ransel.

d.        Air minum dan makanan
Air minum ditempatkan pada wadah yang tahan pecah, tidak bocor dan mudah dibawa. Tempat air minum harus disimpan pada tempat yang mudah dijangkau pada ransel atau ikat pinggang.Makanan yang cocok adalah makanan berkalori tinggi sehingga dapat menambah energi di perjalanan seperti cokelat, permen, biskuit, roti atau kacang kedelai.



e.         Ponco atau rain coat
Jas hujan lebar berbentuk persegi sangat efektif melindungi pakaian dan barang-barang yang dibawa.

f.          Alat navigasi
Kompas, peta, altimeter, Global Positioning System (GPS) serta alat navigasi lain sangat dibutuhkan dalam perjalanan.

g.        Sun screen
Sangat dibutuhkan terutama untuk perjalanan di dataran rendah. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

h.        Perlengkapan tidur
Perlengkapan tidur harus bersih, kering, hangat, dan nyaman. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain pakaian tidur, matras, sleeping bag, dan jaket atau sweater


i.          Perlengkapan penunjang
Misalnya makanan pokok yang mengandung cukup nutrisi, pisau (golok tebas, pisau komando, pisau lipat), korek api atau pemantik, senter dengan baterai atau bola lampu cadangan, buku catatan dan pensil yang dilindungi dalam plastik, obat pribadi, peluit, jam tangan, obat antinyamuk, alat komunikasi serta barang tambahan lain (pelindung pacet, kelambu, kamera, alat mandi, jarum dan benang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar